Open BTS : Onno W Purbo - IDSECCONF 2012

Minggu, 10 Juni 20120 komentar

Belum sempat menghela nafas panjang sesampainya di lokasi IDSECCONF 2012, pak Onno W Purbo atau yang akrab di sapa pak Onno ini mulai sibuk mempersiapkan beberapa device yang akan digunakannya dalam presentasi IDSECCONF 2012 hari ini, sembari pak Joshua menghabiskan sesi tanya jawab pada materi yg ia bawakan (UU ITE). Memang pagi ini pak Onno datang agak sedikit terlambat, tapi tidak mengurangi sedikitpun semangat beliau untuk langsung memberikan materinya kepada peserta IDSECCONF 2012 di Makassar.

Open BTS, kesan pertama saat mendengar judul materi yang di bawakan oleh pak Onno ini adalah BTS yang merakyat, dan ternyata benar. "ini adalah teknologi, mengapa harus mengeluarkan biaya milyaran kalau bisa dilakukan dengan biaya hanya puluhan juta!" ujarnya. Open BTS merupakan sebuah BTS GSM berbasis software yang memungkinkan seseorang melakukan panggilan telepon maupun SMS secara gratis selama masih berada dalam jangkauan BTS tersebut. "Untuk apa Open BTS ini? supaya operator bisa pakai, dan supaya kita bisa jadi operator".

Open BTS ini menurut pak Onno adalah legal, selama tidak menyalahi regulasi yang ada. bahkan sudah ada Operator yg melirik dan ingin mengetahui lebih dalam tentang teknologi ini. Beberapa kali juga pak Onno di undang untuk memperkenalkan teknologi ini ke luar negeri, salah satunya di thailand, sambil memperlihatkan foto waktu ia membagi ilmunya disana. "ini memang di thailand, tapi pesertanya dari kamboja, laos dan negara sekitarnya. soalnya mereka gak terlalu pintar sih" canda pak Onno, diikuti tawa kecil perserta IDSECCONF 2012 yang terlalu serius memandangi layar.

Pak Onno mulai memperkenalkan sebuah device yang ia bawa dan katanya super keren itu, sekilas mirip pemancar wireless. device keren itu bernama USRP-PKG. "gak mahal kok, cuma sekitar 12 jutaan" katanya, sambil tersenyum berfikir klo 12 juta itu memang mahal untuk kalangan mahasiswa seperti sebagian besar peserta. Untuk melengkapi USRP-PKG agar lebih maksimal dalam penggunaannya maka perlu ditambahkan Board RFX1800 (2 buah) dan VERT900 (2 buah) pada device tersebut, gunanya untuk memisahkan jalur sent dan receive agar tidak terjadi tumpang tindih sinyal. Device-device tersebut bisa di dapatkan di http://www.ettus.com/order

Di layar tampak terminal ubuntu sudah terbuka, pak Onno menjelaskan cara instalasi dan konfigurasi device USRP-PKG tersebut, karena memang ini berbasis software. setelah tahap instalasi dan konfigurasi selesai ia jelaskan, masuklah pada tahap testing device. "coba yang bawa hp di search networknya". seluruh peserta mulai mengeluarkan handphone masing masing dan mulai menghubungkan handphonenya ke BTS yang di buat pak Onno. "yang sudah terhubung pasti akan dapat sms pemberitahuan bahwa bla... bla.. bla.. coba salah satu menelpon ke sini" kata pak ono sambil menunjuk ke hp nya, sontak hp pak ono berbunyi dan memulai pembicaraan dengan peserta yang menelponnya. namun setelah pembicaraan diputus 2 hp pak ono tidak henti-hentinya berbunyi, termasuk telepon rumah biasa yg ia bawa "woi.woi... ude,, ude,," gelak tawa di Gedung PWI Makassar pun tak terhindarkan.

bagi yang ingin mempelajari Open BTS ini lebih jauh bisa mengunjungi SpeedyWiki di http://opensource.telkomspeedy.com/wiki/, dan karena Devicenya masih jarang, bisa pinjam melalui ictwatch.com atau datang langsung ke kantornya di tebet.

Pak Onno menutup materinya dengan sesi pertanyaan, dan tiap-tiap penanya diberi buku gratis dari pak Onno. tepuk tangan meriah menutup meteri pak Onno dan dengan rendah hati pak Onno menerima tawaran foto bersama dari peserta IDSECCONF 2012.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2012. arielthekillers's Blog - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger